You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Gulkarmat Periksa Apar Bus AKAP
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin Gulkarmat Jaktim Periksa APAR di Bus AKAP

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur (Gulkarmat) Jakarta Timur, melakukan pemeriksaan alat pemadam api ringan (APAR) pada bus AKAP di Terminal Pulogebang dan Kampung Rambutan, Jumat (16/6).

Mayoritas tabung APAR ukurannya kecil, tidak sesuai dengan potensi bahaya kebakaran. Kemudian tekanan isi sudah berkurang karena tidak pernah ada perawatan

Kepala Seksi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, sidak dilakukan karena saat ini arus mudik mulai melonjak di dua terminal besar itu. Sehingga keamanan harus lebih ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan penyediaan tabung APAR yang layak dan memadai.

"Pemeriksaan dimaksudkan untuk melihat ketersediaan APAR dan alat pemecah kaca di setiap bus. Tujuannya agar para pengemudi mengerti cara penggunaan APAR yang terpasang," kata Edi.

Ini Tips Aman Menggunakan Kompor Gas Elpiji

Dari hasil pemeriksaan di lapangan, mayoritas Bus AKAP sudah terpasang APAR dan alat pemecah kaca. Namun sayangnya APAR yang tersedia rata-rata hanya satu buah dengan ukuran maksimal dua kilogram.

"Mayoritas tabung APAR ukurannya kecil, tidak sesuai dengan potensi bahaya kebakaran. Kemudian tekanan isi sudah berkurang karena tidak pernah ada perawatan," ucapnya.

Idealnya untuk bus AKAP memiliki tabung APAR ukuran 3-3,5 kilogram. Sebab bus ini menampung BBM yang cukup besar, bisa mencapai 200-300 liter.

"Seharusnya setiap tahun tekanan udara tabung diperiksa tekanan dan isinya. Jika sudah tidak laik, maka harus dilakukan pengisian ulang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye971 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing